Ekonomi

TERKUAK! Sisa Cadangan Emas Kita Bisa Dibagi Lebih dari 1 Ons/KK. Bagikan!


11 August 2017, 17:34
Dilihat   1.2K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Kita tahu Indonesia, negeri kita, kaya dengan emas. Pertambangannya banyak. Menyebar dari Mandailing hingga Papua. Total cadangan emas tersisa dari lima pertambangan besar saja sejumlah 64,660,000 Ons.

Apabila mengacu data Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri, total jumlah KK di Indonesia mencapai 63,8 juta, maka lebih dari 1 Ons atau 10 gram emas per KK dapat dibagikan.

Jika harga emas hari ini, 11/8/2017, seharga 17.220.000/ons, maka bila diuangkan dengan rupiah, jadi Rp1.113.445.200.000.000 (Seribu seratus tiga belas triliun empat ratus empat puluh lima miliar dua ratus juta rupiah).

Tapi tahukah Anda siapa yang memiliki dan menguasai emas perak kita itu? Kecuali, PT. Aneka Tambang, mereka adalah para perusahaan asing dan perusahaan konglomerat. Dua di antara daftar tambang emas kita ini, yaitu Grasberg di Papua dan Tujuh Bukit di Banyuwangi, termasuk tambang terbesar di dunia. Adakah kita menikmati emas itu, barang segram pun dari sejumlah tambang itu? Tidak.

Di bawah ini ada lima tambang emas terbesar yang ada di negeri kita.

1. Grasberg, Papua

Cadangan Emas Tersisa : 28,2jt Ons Emas

Cadangan Emas Keseluruhan : 54,8jt Ons Emas

Tambang emas yang terletak di Papua ini dikelola oleh Perusahaan asal AS, Freeport Mcmoran. Tambang ini adalah tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar dunia. Berdasarkan laporan dari perusahaan tersebut pada tahun 2014 silam, setidaknya tersisa 28,2jt Ons emas. Freeport mampu memproduksi kurang lebih 1,2jt Ons emas setiap tahunnya, itu artinya, paling tidak masih perlu waktu 23 tahun lebih bagi freeport untuk menghabiskannya.

 

2. Tujuh Bukit, Banyuwangi

Cadangan Emas Tersisa : 28jt Ons Emas

Cadangan Emas Keseluruhan : 28jt Ons Emas

Sacara nasional, tambang Tujuh Bukit atau lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pitu adalah yang terbesar kedua di indonesia dan termasuk yang terbesar di dunia. Tambang ini terletak di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tambang ini dikelola oleh PT BSI (Bumi Suksesi Indo) yang merupakan anak perusahaan Merdeka Copper Gold milik pengusaha terkenal, Sandiaga Uno dan Edward Soeryadjaya. Penambangan terbuka di daerah ini dimulai pada tahun 2016. Diperkirakan ada sekitar 28jt Ons Emas di dalamnya. Hanya berbeda sedikit dari tambang terbesar dunia.

 

3. Batu Hijau, Sumbawa

Cadangan Emas Tersisa : 2jt Ons Emas

Cadangan Emas Keseluruhan : 9,3jt Ons Emas

Tambang ini dikelola oleh salah satu perusahaan AS, PT Newmont yang bekerjasama dengan perusahaan asal jepang, Sumitomo Corporation. Tambang ini sudah beroprasi sejak tahun 2000 silam. Diperkirakan ada sekitar 9,3jt Ons emas terkandung didalamnya. Dengan cadangan sebesar itu, perusahaan ini mampu memproduksi 40 kilogram emas per hari!

 

4. Martabe, Tapanuli Selatan

Cadangan Emas Tersisa : 4,86jt Ons Emas

Cadangan Emas Keseluruhan : 7,86jt Ons Emas

Tambang yang satu ini dioperasikan oleh PT. Agincourt Resourches. Salah satu pemilik saham perusahaan tersebut adalah Budi dan Michael Hartono, orang terkaya di indonesia. Tambang ini sudah menghasilkan sebanyak 3 juta ons emas dan 32 juta ons perak sejak mulai menambang pada tahun 2013. Bahkan tambang ini dipercaya mengandung 7.86 juta ons emas serta 73,48 juta ons perak.

 

5. Gosowong, Halmahera

Cadangan Emas Tersisa : 1,6jt Ons Emas

Cadangan Emas Keseluruhan : 7,6jt Ons Emas

Tambang yang terletak di Maluku Utara ini sudah beroprasi sejak tahun 1997. Tambang ini dikelola oleh salah satu perusahaan asal Australia, Newcrest dan perusahaan asli indonesia, Antam. Selama kurang lebih 18 tahun, perusahaan ini telah mengeruk lebih dari 6jt Ons emas. Diperkirakan masih ada 1,6jt Ons emas tersisa yang akan habis pada tahun 2020. Setiap tahunnya, mereka mampu memproduksi sekitar 270 ribu ons emas.

Mengingat rakyat Indonesialah pemilik sah dari kekayaan emas tersebut, maka di tujuh puluh dua tahun kemerdekaan Indonesia ini, kita rakyat hanya perlu pemimpin yang punya program tegas, agar kekayaan negeri kita itu kembali ke rakyat dengan kongkret.

Sekiranya NK kampanye untuk Presiden, program kongkret untuk rakyat ialah emas akan dibagi-bagi 1 ons per kepala keluarga! (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu