Gaya Hidup

EKSOTIK. Goa Petruk Wisata Elok Di Gombong Selatan


30 June 2017, 6:47
Dilihat   2.6K

Nusantarakini.com, Gombong –

Kabupaten Kebumen adalah salah satu kabupaten yang memiliki obyek wisata alam yang terbilang lengkap. Mulai dari obyek wisata laut, pegunungan, waduk, air panas dan goa.

Untuk obyek wisata pantai, Kabupaten yang terletak di pesisir selatan Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Diantaranya obyek wisata pantai Logending, Menganti, Suwuk dan Cemara Sewu. Untuk wisata air, di kabupaten ini memiliki obyek wisata waduk Sempor dan Jembangan.

Bagi yang suka akan wisata susur goa, di kabupaten ini memiliki beberapa obyek wisata goa. Yang sudah cukup populer adalah obyek wisata Goa Jatijajar. Disini kita bisa melihat keelokan batu-batu kapur yang ada di dalam goa. Stalagtit dan stalakmit serta gemercik air menetes bisa kita jumpai disini bersama keluarga.

Namun bagi mereka yang memiliki jiwa petualangan, bisa mencoba mengunjungi obyek wisata Goa lainya, yaitu Goa Petruk. Destinasi wisata ini memang kalah populer dibanding Goa Jatijajar. Lokasi Goa Petruk sebenarnya tidak jauh dari lokasi Goa Jatijajar. Hanya kira-kira 2 KM ke arah selatan dari Goa Jatijajar.

Berbeda dengan Goa Jatijajar, Goa Petruk masih relatif alami. Di dalam dan sekitar obyek wisata ini masih minim fasilitas. Penerangan di dalam goa juga masih minim. Untuk masuk menyusuri goa, pengunjung akan didampingi oleh pemandu lokal sambil membawa lampu penerangan, petromax.

Untuk menggapai lokasi goa, wisatawan memang harus sedikit berjuang menaiki tangga tebing yang cukup tinggi. Namun jangan kwatir karena tangga tebing sudah cukup baik kondisinya. Apalagi dengan disuguhi pemandangan dan udara segar sepanjang tangga tebing, pengunjung tidak akan kecewa.

Obyek wisata Goa Petruk ini sebenarnya sangat eksotik dan bisa dikembangkan lebih baik lagi. Selain penataan fasilitas yang lebih baik dan lengkap, kebersihan sampah di lokasi juga perlu diperhatikan oleh pengelola wisata. Sampah plastik dan makanan instan masih nampak tercecer di beberapa sudut. Tong sampah juga nampak masih sangat minim disediakan disekitar lokasi, terutama disekitar warung.(MK)

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu