Ekonomi

Erwin Aksa: Kalau UKM Mau Naik Tingkat Jadi Usaha Besar, Dua Hal Ini Yang Harus Dilakukan


18 June 2017, 17:18
Dilihat   2.0K

Nusantarakini.com, Jakarta –

CEO Bosowa Group, Erwin Aksa, menyampaikan kiat-kiat kepada para pengusaha UKM jika ingin naik level menjadi usaha menengah dan besar.

Pemimpin group konglomerasi dari Sulawesi ini melihat bahwa perhatian dan treatment dari pemerintah sudah sangat baik terhadap UKM. “Perhatian dari pemerintah terhadap UKM tidak perlu diragukan. Sudah on going, kok,” ujarnya ketika menjadi salah satu narasumber pada acara Bincang Bisnis yang dihelat oleh Rumah Kemajuan Indonesia (RKI) di Jakarta, 17/6.

Menurut dia, UKM tidak cukup hanya menuntut perhatian lebih dari pemerintah, mereka juga harus kreatif untuk mengangkat kapasitasnya menjadi level usaha menengah dan besar. Untuk itu, menurut Erwin Aksa, para pengusaha UKM harus bermain di sektor bisnis yang memiliki added value, seperti teknologi informasi. “Coba lihat di Amerika, banyak sekali perusahaan start up meroket dengan tiba-tiba, karena memiliki added value yang tinggi. Di Indonesia, perusahaan gojek, dapat menjadi contoh yang baik dalam hal ini,” ujarnya.

Dia juga menyinggung bahwa banyak UKM yang puas dengan pencapaiannya. “Harusnya kan UKM itu hanya dijadikan transisi saja. Bukan untuk permanen jadi UKM. Tujuan sebenarnya ialah berkembang menjadi usaha besar,” katanya.

Karena itu, Erwin Aksa yang juga mantan Ketua Umum HIPMI ini, mengharapkan agar RKI dapat memberikan pendampingan kepada para UKM agar dapat meningkat menjadi usaha besar.

RKI sendiri siap mendampingi UKM baik bimbingan eskpansi pasar maupun pendampingan kredit. (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu