Nasional

Kilas Balik Kisah Warga Kampung Aquarium, Pasar Ikan, Jakarta Utara


22 May 2017, 13:33
Dilihat   1.3K

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Kilas Balik Kisah Warga Kp Aquarium, Pasar Ikan, Jakarta Utara

Sahabatku Semua,……

Saya mo berbagi sedikit cerita, khususnya yg terkait dgn Kesehatan Warga Kp Aquarium, Jakarta Utara.

Saya kira, di Republik tercinta ini, tidak ada yg tidak paham apa yg terjadi di Kp Aquarium?

Sekitar Agustus 2016, saya bersama tim mencoba mencari akses, utk bisa datang ke Kp Aquarium, sbg Dokter, sesuai profesi saya tentunya.

Kami dapatkan nama sosok dan tokoh masyarakat disana: Ibu Dharma Diani. Kami lakukan koordinasi dan akhirnya kami datang pertama kali bersama Tim Pos Bindu RW 17 Kel Ragunan Ibu Athea Sarastiani bersama sahabat2 Solidaritas Perempuan NKRI(SPNKRI).

Kami lakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta #RevolusiPutih(Peduli Gizi Anak), dgn membagi kotak susu, berdongeng bersama 75 an anak2 dan makan siang bersama.

Saya dan mungkin teman2 Sejawat lainnya, bila datang di Tenda2 tempat warga tinggal, akan tersentuh relung hati yg paling dalam dan sangat bisa merasakan penderitaan warga Kp Aquarium.

Masuk dalam tenda disiang hari utk memeriksa pasien sakit, kuat 5 menit saja didalam sudah hebat?! MCK yg tersedia juga berebut tempat sama Lalat yg berseliweran kesana kemari.

Genset utk mengalirkan air dan listrik tidak cukup kuat, pk 21.00, kawasan sudah gelap gulita, segelap harapan utk hidup cerah ceria di masa depan.

Pemeriksaan pertama yg kami lakukan bersama Dr.Vira Ali dan Dr.Asri, 60% anak2 usia sekolah(6-15 thn dan Balita), terserang penyakit kulit?!

Gimana kulit mau sehat, rumah triplek&tenda tanpa ventilasi, makan mie instan melulu, rumah tempat bermain Play Station, Nintendo dan Televisi tempat nonton Sinetron rata dgn tanah?

Pipanisasi air bocor campur tanah, MCK seadanya sama tanpa ventilasi, hujan lari keluar hujan2 an dan mandi di laut Pasar Ikan. Pilu rasa hati ini melihat penderitaan anak2 ini, yg seyogyanya punya tempat bermain apa tuh yg suka diresmiin gubernur? 😭😭

Pemeriksaan fisik orang dewasa, penyakit yg diderita 30% Hypertensi, 20% Gastritis(Maag), 10% Gula dan sisanya Pegel Linu dan ISPA(Batuk Pilek). Gimana gak pegel linu: Tidur di papan keras tanpa kasur, cuma dialasi koran2 yg ditumpuk?

Sudah pasti Sosok Anak Bangsa Peduli Negeri tidak tinggal diam utk membantu meringankan penderitaan saudara2 kita sebangsa dan setanah air yg dulu pernah dijanjikan Tidak Akan Digusur dan Dikasih Sertifikat Hak Milik?! Kaya judul lagu aja mas Bro: Memang Lidah Tak Bertulang?!

Kami, setiap 3(bulan) datang memeriksa kesehatan warga dan terakhir sekitar bulan April’17, kesehatan anak2 terlihat ada kemajuan, dgn berkurangnya anak sakit. MCK juga sdh banyak, Listrik nyala sampai pagi dan pipanisasi air lumayan manusiawi.

Walau ada 4(empat) warga yg meninggal selama 1(satu) tahun ini: Malnutirisi, Ca Payudara, Hypertensi dan Jantung, sedih memang, tapi kita percaya: Setiap Duka Ada Hikmah?!

Akhirnya tepat hari Sabtu 20 Mei’17: Kp Aquarium didatangi Tim Puskesmas Keliling Pemprov DKI. Tidak ada yg terlambat dari pada tidak peduli sama sekali?!

Terima kasih Teman Sejawat Puskesmas Penjaringan atas kepeduliannya 👍✊️🇲🇨

Silahkan datang ke wilayah Penjaringan lainnya: Di Kolong Tol, Dibawah Sutet, Dipinggir Kali Hitam, Ditempat tempat seliweran Lalat dan (Tom Cat?).

Maaf TS, saya bersama tim dokter keliling datang ke 76 (tujuh puluh enam) Titik di Jakarta Utara dan melayani 10.746 pasien: “Semoga tidak ada pertanyaan dihati kita semua; Kok ada orang hidup di Jakarta dan Republik yg sdh 71 tahun merdeka seperti ini?”

Saya selaku warga bangsa, ucapkan Terima kasih kpd:
1. Aktivis Pergerakan NKRI
2. Aktivis Lingkungan
3. Media yg selama satu minggu ini membombadir berita Penderitaan Kp Aquarium
4. Semua pihak yg tidak bisa disebutkan satu persatu
5. Sahabat2 saya Intel Polres Jakarta Utara dan Para Kapolsek @Jakarta Utara, yg saya tidak sebutkan satu persatu(nanti dimutasi lagi?!)
6. Tim Alfa dan Bravo Dokter Keliling
7. Terakhir, Seluruh Warga Kp Aquarium: Bu Diani, Pa Teddy, Topaz dan Bude Panci dkk semua.

#SelamatBertugasDokter!

Wass,

Dr. Boyke Setiawan dkk

Sumber foto: Ibu Dharma Diani [mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu