Nasional

Penat Berpolitik, Sinyal Mega Turun Tahta?

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri (Mega) kerap melontarkan pernyataan yang mengungkapkan kepenatannya dalam bergelut di dunia politik.

Pernyataan Mega yang dilontarkan dalam berbagai kesempatan tersebut dinilai sebagai sinyal kuat telah adanya calon pengganti untuk menduduki kursi Ketum PDI-P.

Inilah.com melansir, pengamat politik LIPI Siti Zuhro menilai ungkapan Mega tersebut menandakan bahwa puteri Proklamator RI, Soekarno itu telah menyiapkan pewaris tahta yang besar kemungkinan berasal dari keluarganya.

Menurut Zuhro, kemungkinan di internal sudah ada yang mulai digadang-gadang. Kata dia, tidak menutup kemungkinan sudah disiapkan putera atau puteri mahkotanya.

“Sosok dari keluarga yang paling berpeluang menggantikan Megawati sebagai ketum PDIP, adalah Prananda Prabowo dan Puan Maharani yang merupakan dua anak kandung Presiden RI Ke-5 itu,” ujarnya, Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

“Sayangnya belum dimunculkannya nama Prananda sebagai politikus kepada publik hingga saat ini, jika berpeluang menggantikan sang ibu memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu,” imbuh Zuhro menyayangkan.

Zuhro menuturkan, Prananda selama ini tidak dimunculkan ke publik sama sekali, sehingga kita tidak tahu sosoknya seperti apa.

“Mengapa tidak dimunculkan sebagai sekjen atau apa di dalam partai? Memang nama Prananda ini banyak disebut publik sebagai puteranya Mega tetapi tidak sebagai politisi atau kader. Menurut saya ini perlu dipertanyakan,” tegasnya.

Zuhro juga membandingkan, bahwa untuk sementara posisi Puan Maharani secara politik dinilai lebih unggul daripada Prananda. Terlebih, kata dia, saat ini Puan tengah menduduki salah satu jabatan menteri di pemerintahan Jokowi-JK.

“Nah, kita lihat ini yang dimunculkan malah Puan Maharani. Akan tetapi, masih bisa saja Prananda kalau memang ditunjuk (menjadi ketua umum PDIP). Kita enggak tahu jadinya nanti apakah Puan atau Prananda yang menggantikan Mega,” tutup Zuhro seperti dikutip Inilah.com. (mr/rym)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top