Analisa

Ahok Berhasil Menggiring Publik dengan Kampanye Video 98 Versinya. Harusnya Ini Yang Dilakukan


11 April 2017, 6:00
Dilihat   1.4K

Nusantarakini.com, Jakarta –

Boleh dikata, tim ahli politik dan psokologi massa pihak Ahok cukup cerdik memanfaatkan masyarakat yang galau dan suka amnesia. Masyarakat pada umumnya amnesia dan bahkan tidak mengetahui persis peristiwa 98 yang dicap sebagai kerusuhan anti Cina.

Kesempatan inilah yang dieksploitasi oleh tim Ahok. Langsung saja video kampanye yang menggambarkan orang Islam pengganyang Cina tersebut menuai pro kontra. Kebingungan, histeria dan pro-kontra itulah sebenarnya yang diharapkan tim Ahok.

Pada umumnya kubu Anies sibuk membantah. Yang dilakukan hanyalah menunjukkan bukti kontra bahwa video itu tidak benar. Fakta lain pun disebarkan. Tapi jelas tidak dapat menandingi popularitas video yang disebarkan Ahok. Semakin dibantah dan didiskursuskan semakin populerlah video tersebut. Akhirnya massa mengambang tergiring untuk menontonnya. Setelah menontonnya, Ahoklah yang untung.

Peristiwa 98 merupakan tonggal rekonfigurasi politik di Indonesia yang salah satunya membuka jalan bagi politisi-politisi seperti Ahok, Adian Napitupulu, Joko Widodo, Luhut Panjaitan, NU Gus Dur, dan tentu saja Megawati. Tanpa 98, karir politik yang mereka nikmati seperti sekarang ini tak mungkin diperoleh.

Kubu anti politisi yang berkibar akibat peristiwa 98 tersebut, basis historisnya adalah peristiwa 65. Maka harusnya, mengapa tidak mereka ciptakan video tandingan dengan ilustrasi peristiwa 65.

Peristiwa 65 dan yang berbau ancaman komunis akan membawa opini menguntungkan mereka. Dan teknik itulah yang dimainkan oleh tim kampanye Ahok.

Rasanya mereka cukup berhasil. Setidaknya banyak orang yang gusar dengan keberadaan video tersebut. Sebab akan terungkap siapa dan dimana mereka tatkala penghujung Orde Baru itu terjadi?

Intinya, semakin dibantah video tersebut dengan hanya kata-kata dan diskusi tanpa membuat video peristiwa 65, maka akan melapangkan jalan kemenangan Ahok di Pilkada DKI sekarang.

~ John Mortir

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu