Media Asing Soroti Pembongkaran Patung ‘Harimau Lucu’, Pengunggah Foto Minta Maaf Kepada TNI

Nusantarakini.com, Jakarta-

Pembongkaran patung harimau tua nan lucu di markas Komando Rayon Militer 1123 Cisewu Kabupaten Garut Jawa Barat menarik perhatian media asing. Mulai dari media Malaysia, Inggris sampai Rusia ikut memberitakan pembongkaran tersebut tersebut.

Seperti yang dilansir Republika beberapa hari lalu, media the Independent menulis artikel berjudul, “Army Destroys Grinning Tiger Statue after Internet Mockery.” Dalam laporannya, Indenpendent menulis bagaimana patung tersebut akhirnya dibongkar setelah menjadi viral dan meme di media sosial. Tak sedikit yang dianggap mengolok-olok patung harimau tersebut.

Pada 16 Maret 2017, media Rusia, Russian Today, juga menulis tentang harimau tersebut. Mereka menulis judul “‘Funny Looking’ Tiger Statue Removed by Military After Torent of Online Humiliation.”

Media Malaysia News Straits Times, beberapa hari yang lalu juga menulis tentang patung harimau lucu tersebut. “Roar no more Indonesian military removes mocked tiger statue,” tulisnya.

Sementara itu, Vincent Chandra, pengunggah pertama foto patung harimau lucu tersebut meminta maaf kepada TNI di akun Twitter-nya @halleluhelyeah.

“Sebagai pengungah pertama patung Harimau Cisewu yg kini viral, sebelumnya saya meminta maaf kpd @tni_ad krn saya tdk bermaksud melecehkan,” cuitnya Vincent.

Postingan foto patung harimau tua tersebut dianggap lucu karena bentuk wajahnya tidak sesangar harimau asli, sempat viral di dunia maya, beberapa waktu lalu. Bahkan, Pangdam Siliwangi memerintahkan agar patung ceria itu dibongkar karena patung harimau dengan wajah jenaka itu kadung menghebohkan di jagat maya.

Kapendam III Siliwangi Letkol ARH Desi Ariyanto mengatakan, patung harimau yang baru itu dibuat lebih besar dan garang.
“Alasannya, macan bagi prajurit Siliwangi merupakan simbol yang diwariskan oleh nenek moyang pada masa lampau, yaitu era Kerajaan Pajajaran dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi,” kata Desi seperti dikutip Rimanews.

Penggantian patung macan ini, sebagai jawaban dari postingan singkat Vincent Chandra yang mempertanyakan wajah patung macan yang dianggapnya aneh.
“Ini harimau apa sih? Duh gusti!,” tulis Vincent dalam caption foto patung harimau lucu yang diunggahnya.

(mc)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *