Nasional

Inilah Besaran Modal Yang Dialirkan Konglomerat Sino-Indonesia (Sindo) Ke RRC


11 March 2017, 9:21
Dilihat   1.3K

Nusantarakini.com, Jakarta

Pernahkah Anda mengetahui berapa triliun rupiah yang ditanam konglomerat Sino-Indonesia (Sindo) di luar negeri, khususnya di Maindland RRC?

Tulisan yang dikutip dari GFI ini dapat menggambarkannya sedikit.

Liem Soe Liang atau Sudono Salim misalnya merupakan konglomerat yang aktif mengalirkan uang ke luar negeri.

Sejak 1990-an Liem Soe Liong dan Salim Group telah menanam modal di Fu Qing, propinsi Fujian. Melalui Indofood, anak perusahaan Indocement Tunggal Prakarsa, konglomerasi milik Liem Soe Liong, membangun pabrik dengan investasi sebesar 600 ribu dolar AS, sekitar Rp 1,2 milyar. Tentu saja nilai nominal ini pada era 1990-an diamana saat itu 1 dolar AS masih berkisar Rp 2000. (Berdasarkan penelisikan Tim Riset Global Future Institute)

Selain itu, Liem berpatungan dengan beberapa pengusaha dan BUMN Singapura, membangun kawasan industri seluas 5000 Hektar, juga di Fujian. Bukan itu saja. Melalui Rong Chiao Industrial Group (kelompok sekitar 30 pengusaha asal Fujian yang kini sukses di berbagai negara), Liem punya andil juga dalam beberapa proyek besar. Kelompok ini, yang dikenal sebagai Fujian Clan, antara lain memiliki Guan Yuan Light Industry, pabrik sepatu dan bunga kain sutera yang terletak di Shangzeng Honglu. Hasilnya diekspor, antara lain ke Indonesia. (dft)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu