Internasional

Sesudah Indonesia Kasi Surprise Raja Arab, Indonesia Perlu Kejar Implementasi MoU. Baca Alasannya


1 March 2017, 17:51
Dilihat   807

Nusantarakini.com, Jakarta

Raja Salman dan rombongan amat surprise dengan sambutan pemerintah Indonesia kepada rombongannya yang super hangat. Hal itu terlihat dari air muka Raja Arab tersebut yang berbinar-binar.

Tatkala menerima medali secara langsung dari Presiden Jokowi, tak henti-hentinya Raja Salman tersenyum bahagia. Ini merupakan sambutan yang istimewa bagi Raja tersebut.

Ternyata tidak hanya pemerintah yang memberikan surprise bagi Raja, rakyat Indonesia pun menyambut meriah laiknya menyambut rajanya sendiri.

Sekarang apakah yang diraup oleh Indonesia setelah kunjungan yang bersejarah ini? Indonesia tidak boleh kasi surprise gratis begitu saja.

Indonesia harus merawat spirit dan agenda yang sudah disetujui secara tertulis dari sebelas MOU antar kedua negara.

Kesempatan tidak datang dua kali. Selagi semangat yang dibawa oleh kunjungan Raja tersebut, Indonesia harus bergerak cepat memenetrasi pihak Arab Saudi untuk sama-sama merealisasikan MoU-MoU yang sudah ditandatangani. Jika perlu, selagi rombongan Raja Arab masih berada di Indonesia, maka pemerintah Indonesia harus mengejar mitra Arabnya agar kepastian dan follow up kesepakatan tersebut dapat diwujudkan.

Bukan rahasia lag, MoU tidak jarang hanya tinggal MoU akibat spirit dari MoU tersebut tereduksi bersama waktu.

Syahrul Efendi Dasopang, Pengamat

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu