Nasional

Jelang 2017, Anies Baswedan Berdzikir Bersama Para Ulama Di Masjid At-Tin


1 January 2017, 1:00
Dilihat   797

Nusantarakini.com, Jakarta-

Momen pergantian tahun hampir selalu diperingati dengan perayaan kembang api. Namun sejak 15 tahun terakhir, Masjid At-Tin bekerja sama dengan Republika telah menggelar kegiatan zikir nasional setiap malam pergantian tahun.

Dengan mengambil tema Indonesia Ikhlas, kegiatan zikir bersama pada tahun ini dihadiri oleh tokoh nasional dari pihak pemerintah dan para ulama. Beberapa tokoh nasional yang terlihat antara lain ustad Arifin Ilham (Ulama), Luqman Hakim (Menteri Agama), Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR), dan Ma’ruf Amin (Ketua MUI). Dalam kesempatan itu hadir pula, Anies Baswedan, Calon Gubernur DKI Jakarta Nomor urut 3.

Mengenakan baju koko putih, Anies terlihat khusyuk mengikuti rangkaian kegiatan yang dimulai tepat setelah shalat isya berjamaah. Setelah acara sambutan dari pihak panitia dan perwakilan pemerintah, puncak acara yaitu zikir bersama kemudian berlangsung dan dipimpin langsung oleh Ustad Arifin Ilham.

Selama mengikuti kegiatan zikir bersama, Anies terlihat hanyut dalam doa yang diucapkan bersama-sama oleh jamaah yang hadir dalam Masjid At-Tin. Setelah melakukan sujud syukur, Anies mengelap matanya setelah menangis dalam penghayatan doa Ustad Arifin Ilham.

Usai kegiatan zikir bersama, Anies menyampaikan bahwa pergantian tahun adalah momen muhasabah atau intropeksi diri, bukan sekadar perayaan menyambut tahun baru. Kegiatan yang dihadirinya setiap tahun tersebut telah mengingatkannya kembali akan kematian yang semakin dekat.

“Kegiatan seperti ini adalah alternatif dari banyak kegiatan pergantian akhir tahun. Dan saya selalu mengikutinya (di Masjid At-Tin). Melalui kegiatan ini, saya diingatkan kembali, intropeksi diri, muhasabah,” ujar Anies. (mc)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu