Nasional

Takut Dirazia Imigrasi, TKA Ilegal Asal Cina Kabur dengan 2 Bus dari Pabrik


19 December 2016, 8:48
Dilihat   1.2K

Nusantarakini.com, Gresik-

Tenaga kerja asing asal Cina dibawa kabur dengan menggunakan 2 bus dari dalam pabrik amoniak II di Gresik Jumat siang lalu. Mereka diduga sengaja dibawa keluar, karena beredar informasi akan ada razia dari imigrasi.

Laman pojokpitu melansir, berdasarkan informasi salah seorang warga Meduran bernama  Nafirin, tempat puluhan tenaga kerja asing ditampung, mengatakan bahwa para pekerja itu berasal dari Cina.

Pekerja asing asal Cina yang disinyalir ilegal ini, biasanya masuk pabrik pagi-pagi dan baru keluar sore hari. Mereka bekerja di salah satu pembangunan pabrik amoniak II, dibawah naungan PT Petrokimia, salah satu BUMN pembuat pupuk.

Selama setahun terakhir ini, mereka menyewa lahan, di Meduran Manyar dan dijadikan bangunan mess. Mereka menyewa lahan yang dijadikan mess sekitar Rp 70 juta pertahun.

Di sekitar Meduran terdapat beberapa tempat yang dijadikan tempat menampung para tenaga kerja asal Cina ini. Sebelumnya, saat mendengat akan ada razia, mereka bersembunyi dengan imbalan membayar uang. Namun, sebelum salat Jumat, ada dua bus penuh muatan tenaga kerja asing sengaja dibawa keluar dari areal pabrik.

Mereka masuk tol, melalui pintu tol Manyar. Diduga mereka sengaja diamankan, karena khawatir ada razia pihak imigrasi. Sebab banyak dari mereka yang tidak memiliki dokumen lengkap alias ilegal. Bahkan saat tim pojokpitu membuntuti bus yang kabur,  para tenaga kerja asing langsung menutup tirai bus. Mereka diangkut dengan bus nopol  L 7043 UV dan nopol S 7055 UM. (*mc)

Sumber: JTV dan Pojokpitu.com

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu