Nasional

PUBLIK HEBOH. Warga Negara Cina Bebas Kenakan Seragam Mirip Polri. Kenapa?


19 December 2016, 11:14
Dilihat   29.1K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Marak menjadi viral di kalangan netizen pengguna media sosial (Medsos) dan rakyat Indonesia yang  membicarakan organisasi Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) dan foto-foto sekelompok orang yang berfose dengan menggunakan seragam dan atribut yang sangat mirip dengan seragam dan atribut Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Publik menjadi heboh bukan hanya terkait soal seragam dan atribut saja,  tapi karena ternyata orang-orang  yang berpose menggunakan seragam dan atribut itu adalah warga negara Cina yang dikabarkan membuka perwakilan organisasi FBI di Cina.

Dari data yang diperoleh dari ditus resminya www.forumbhayangkaraindonesia.com, ternyata organisasi FBI didirkan pada tahun 2014 dengan Akta pendirian No. 14 tanggal 26 maret 2014 oleh Notaris Tossy Satyarto Satriayun, SH. Dengan Ketua Umumnya Dr. R. Renny Mursantio AS,BA. Sejumlah nama dan foto Purnawirawan Polisi dan TNI nampak menjadi pendiri organisasi FBI juga terpampang dalam laman tersebut.

whatsapp-image-2016-12-18-at-1-13-13-am

Kadiv Humas Mabes polri, Irjen Boy Rafli Amar mengaku pihaknya sudah mengetahui soal keberadaan ormas tersebut. “Kami dapat info kalau Forum Bhayangkara Indonesia itu ormas yang sudah tercatat di Kemenlu dan didirikan oleh orang-orang di Indonesia,” ucap Boy Rafli Amar menyikapi ormas FBI tersebut, Jumat (16/12/2016) di Mabes Polri.

Terkait adanya kemiripan ‎lambang ormas tersebut dengan lambang Polri, Boy mengatakan akan mengkomunikasikan hal tersebut. Kemungkinan besar, kata Boy, FBI menggunakan lambang itu karena konsen sebagai bhayangkara muda.

“‎Kemungkinan mereka konsen sebagai bhayangkara muda, karena bhayangkara sifatnya universal sebagai pengawal,” terang Boy menjelaskan.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan apabila ormas tersebut positif, maka bisa dijadikan sebagai mitra polisi dalam rangka membangun semangat yang kondusif, aman dan damai. “Yang penting, ormas tidak boleh bertentangan dengan falsafah pancasila, itu sangat prinsip,” kata Boy memberikan alasan.

Beda Polri dengan TNI

Polri nampaknya memiliki perbedaan dengan TNI dalam penyikapan hal penggunaan seragam dan atribut ini, seperti diketahui TNI rajin menggelar razia penggunaan atribut dan seragam TNI di berbagai wilayah.

Nampak seperti yang dilansir Mediaharapan, penanganan TNI dalam kasus Ormas Perintis Kemerdekaan RI (PKRI) di Sukabumi Jawa Barat yang menggunakan seragam, atribut atau uniform mirip TNI. Pihak Kodim 0607 Sukabumi bersama Polisi Militer (PM) Kota Sukabumi dan Polsek Cibadak melakukan penggerebekan dan mempereteli semua uniform yang digunakan oleh organisasi dan anggota ormas tersebut. Saat itu penggerebekan dipimpin langsung oleh Pasi Intel Kodim 0607 Sukabumu Kapten Bessing. (*mc)

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu