Nasional

Klarifikasi Tokopedia tentang Kaos Komunis


13 December 2016, 18:04
Dilihat   1.4K

Nusantarakini.com   Pada berita sebelumnya disebutkan bahwa tokopedia ternyata juga menjual t-shirt berlogo palu arit bertuliskan CCCP.  Hari ini, Selasa, 13 Desember 2016, melalui email, Ms. Antonia Adega mewakili pihak tokopedia menjawab bahwa tokopedia itu user generated content, atau isi foto dan tulisan diisi oleh pengguna.  Setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.  Tokopedia menetapkan aturan bagi pengguna untuk tidak mengunggah hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Pelanggaran terhadap aturan akan berdampak pada penghapusan produk dan penutupan toko secara permanen. Saat berita ini ditulis, iklan kaos palu arit itu sudah tidak ada di situs tokopedia. Dengan demikian iklan tersebut sudah dihapus.

Berikut keterangan dari Tokopedia.

Tokopedia sangat menyayangkan adanya pihak-pihak yang menyalahgunakan sistem Tokopedia yang bersifat user generated content, dimana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri. User generated content sebetulnya sangat berguna dan memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli online. Manfaat user generated content site sangatlah besar di dunia teknologi saat ini, namun dalam penggunaannya perlu batasan-batasan agar sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Kami, melalui aturan penggunaan platform Tokopedia, sebenarnya sudah dengan tegas melarang penjualan produk-produk yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia dan dalam hal ini kami meyakini bahwa produk dalam pemberitaan di atas melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tim kami telah melakukan penghapusan terhadap produk-produk terkait segera setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

Kami juga terus mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu kami dalam memantau perdagangan online di situs Tokopedia. Jika masyarakat masih menemukan produk yang melanggar, baik aturan penggunaan platform Tokopedia maupun hukum yang berlaku di Indonesia, kami mohon bantuan untuk melapor melalui fitur ‘Laporkan’ yang ada di masing-masing laman produk. Caranya bisa dilihat di https://www.tokopedia.com/bantuan/produk-melanggar-ketentuan.

Lebih lanjut, selain secara berkala memantau produk, tim kami juga akan menindak produk-produk yang melanggar aturan penggunaan platform Tokopedia dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia sesuai prosedur. Pelanggaran terhadap aturan akan berdampak pada penghapusan produk dan penutupan toko secara permanen.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih untuk masukan dan kerja sama Anda dalam memantau perdagangan online di Tokopedia.

 

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu