Warkop-98

ISLAM DAN BHINEKA TUNGGAL IKA: Menjaga Islam Merawat Kebhinekaan


1 December 2016, 11:26
Dilihat   7.2K

“ISLAM DAN BHINEKA TUNGGAL IKA”
Menjaga Islam Merawat KEBHINEKAAN

By : Ical Syamsuddin
Ketua DPP LAKRI DKI Jakarta

Beberapa hari belakangan ini hampir diseluruh sudut kota Jakarta, baik dijalan Protokol Utama, Jalur Hijau, Jalan dan Gang Kecil ada pemandangan lain dari biasanya, Banyak bertebaran SPANDUK Putih huruf merah mencolok ukuran besar bertuliskan “MERAWAT KEBINEKAAN, MENJAGA INDONESIA, ada juga tulisan KITA SEMUA BERSAUDARA” ada juga spanduk bergambar masjid, pura, wihara, gereja dst….

Sungguh, jika membaca tulisan tulisan pada spanduk itu jiwa nasionalisme saya bergelora seakan akan saya kembali di era perjuangan 1945. Biasanya semangat nasionalisme kita sering terpanggil dan membuncah ketika memasuki perayaan HUT RI 17 Agustus, tapi sekarang bukanlah bulan Agustus melainkan November malah sudah masuk Desember. Lalu Pesan yang ada di spanduk itu diperuntukkan bagi siapa???

Ada seribu satu macam perasaan berkecamuk dalam jiwa saya, ada apa sebenarnya dengan KeIndonesiaan hari ini…? Apa yang terjadi dengan Persatuan kita yang biasa kita simbolkan dengan Istilah BHINEKA TUNGGAL IKA itu…?

Apakah Indonesia sedang diambang perpecahan? Ataukah Negeri ini bakal di landa huru hara besar?? Ataukah keadaan negara siaga 1 karena adanya ancaman keamanan dari luar?

Saya rasa tidak.!!! Indonesia hari ini InsyaAllah aman, damai dan tenteram. Tidak ada satupun anasir anasir yang mengarah ke perpecahan atau sampai memisahkan diri dari NKRI…
Lalu ada apa dengan Kebhinekaan kita sehingga harus pengumuman lewat Spanduk dan Baliho yang hampir memenuhi seluruh sudut kota Jakarta, mengajak kita menjaga dan merawat BHINEKA TUNGGAL IKA itu ?…

Bukankah berlaku hukum positif sebab akibat disini, Sebabnya AHOK TELAH MENISTAKAN KITAB SUCI UMAT ISLAM, AKIBATNYA UMAT ISLAM PROTES DAN REAKSI, lantas kenapa kita tidak segera mencari dan memperbaiki sebab musababnya sehingga bisa diatasi, agar tidak menimbulkan banyak akibat buruknya kedepan…?

Ibarat kapal ditengah lautan, bocor nya dimana tambalnya dimana, maka lambat laun kapal perlahan tenggelam dan karam ke dasar laut.

Kita diserukan menjaga BHINEKA TUNGGAL IKA, Bhineka Tunggal Ika yang mana yang kalian dimaksud? kalau yang dimaksud itu adalah perbedaan dalam AGAMA, SUKU BANGSA, RAS, ANTAR GOLONGAN, BUDAYA, ADAT ISTIADAT DLL, saya rasa persoalan ini umat islam sudah selesai alias KHATAM. Jadi tidak perlu terlalu banyak mendikte kami, kesannya tidak bagus… Sejak kami dibuaian hingga nanti di Liang Lahat, Tentang Hal ini kami sudah KHATAM….”!

Sekarang saya mau kasih tahu nih sama kalian, khususnya yang mengaku islam tapi munafik, terutama orang islam yang berpaham Sekuler dan liberal. Ajaran Agama Islam yang Ngajarin Kita tentang menjaga Bhineka Agama atau toleransi Beragama ;

Surah Al Kaafirun ayat 5 dengan jelas menjelaskan: LAAKUM DIENUKUM WALIYA DIEN (Bagi Kalian Yahudi, Nasrani, Hindu, Budha, Konghucu, Silahkan jalankan sesuai Perintah dan Ajaran Agama Kalian, Dan Bagi Kami Islam akan jalankan sesuai Ajaran Islam).

JELAS BUKAN….???

Lalu BHINEKA TUNGGAL IKA manakah yang kalian Maksudkan??!

ISLAM juga mengajarkan kita tentang BHINEKA SUKU BANGSA, antar GOLONGAN…
Dalam Surat Al-Hujurat Ayat 13 ;

“Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Indonesia ini punya banyak suku, banyak bangsa, tapi kita tetap Satu dalam wadah BHINEKA TUNGGAL IKA, SEBELUM ADA INDONESIA ribuan tahun yang lalu yang Mulia Rasulullah SAW sudah mengajarkan tentang arti Kebhinekaan ini kepada umatnya.

JELAS BUKAN….???

Lalu BHINEKA TUNGGAL IKA MANAKAH YANG DIMAKSUD!???

Tentang SALING MENYAYANGI SESAMA tanpa Pandang Agama, Suku bangsa atau golongan, Islam pun Sudah mengajarkan lewat Ucapan yang Mulia Muhammad SAW… Dalam Hadits nya Beliau bersabda di riwayatkan Oleh At Thobrani ;

“SAYANGILAH SIAPA SAJA PENGHUNI DIATAS MUKA BUMI ALLOH INI (SEMUA MAKHLUK HIDUP TANPA TERKECUALI; Islam, Yahudi, Nasrani, Hindu, BUDHA, KONGHUCU, BINATANG dilaut darat dan udara, kaya miskin, tua muda, laki perempuan) MAKA PENGHUNI YANG DILANGIT (ALLAH DAN PARA MALAIKATNYA), AKAN MENYAYANGI MU”.

JELAS BUKAN…???

ISLAM Juga mengajarkan kepada kami untuk menjaga NASIONALISME atau CINTA TANAH AIR. Sebagaimana Para Ulama dan Habaib sering mengajarkan kepada kita, Bahwa HUBBUL WATHON MINAL IMAN – “Cinta Tanah Air Bagian Dari Iman”.

Lah…!!! Negara kita diganggu dan perangi oleh bangsa asing, maka Satu Komando SELURUH UMAT ISLAM SIAP ANGKAT SENJATA, TUA MUDA, LAKI PEREMPUAN semuanya siap Jihad Fii Sabilillah…

Nah, Bagaimana Kalau Agama, Kitab Suci kita di hina dan dinistakan….??? Ente tanyakan sama pak Basuki bagaimana perasaannya sekarang, puas atau masih penasaran…?

Lalu BHINEKA TUNGGAL IKA MANA yang kalian Maksudkan???

Bukankah PILAR UTAMA PENJAGA KEBHINEKAAN itu adalah umat Islam??? Kenapa takut dengan islam? NKRI ini tidak akan pernah hancur, tidak akan pernah tercerai berai selama hak umat islam terjaga di Republik ini.

Lalu menjaga BHINEKA TUNGGAL IKA yang manakah yang dimaksud???

ISLAM ITU AGAMA UNIVERSAL yang mengajarkan kepada manusia, mulai dari bangun, tidur bangun hingga tidur lagi.

ISLAM itu datang membawa misi perdamaian bukan misi permusuhan, hal ini telah ALLAH SWT gariskan dalam kitab suciNya Yang Mulia;. Al- Anbiyaa’ 107

“WAMA ARSALNAKA ILLA RAHMATAN LIL’ALAMIN“ (dan tiadalah Kami (Allah) mengutus engkau wahai (Muhammad), kecuali untuk menjadi rahmat bagi semesta alam).

“SEGALA PUJI MILIK ALLAH, MAKA AKAN MENDATANGKAN RAHMAT BAGI SELURUH ALAM, SEPERTI YANG DISEBARKAN NABI BESAR MUHAMMAD SAW”.

ISLAM MEMBAWA RAHMAT BAGI INDONESIA DAN SELURUH YANG ADA DALAM PERUT BUMI INDONESIA.

Lalu BHINEKA TUNGGAL IKA yang Manakah yang kalian Maksudkan????

TAKUT KAH KALIAN BAHWA ISLAM AKAN MERUSAK KEBHINEKAAN TUNGGAL IKA…???

Khususon Kepada para penyelenggara negara; PRESIDEN, WAKIL PRESIDEN, PARA PEMBANTU PRESIDEN, PANGLIMA TNI/POLRI, ANGGOTA PARLEMEN.

Mari kita sama sama bersihkan hati kita, luruskan niat kita…. Bahwa Indonesia Lahir atas berkat Rahmat Allah swt… karena di dorong oleh keinginan yang luhur oleh seluruh rakyat Indonesia…. Jangan Korbankan NKRI demi hasrat dan keinginan untuk Kepentingan Pribadi dan Kelompok… RESIKOnya TERLALU BESAR…!!!

MARI JAGA INDONESIA, JANGAN SAMPAI ALLAH MARAH DAN MENCABUT RAHMAT NYA DAN MENGGANTIKAN NYA DEMGAN ADZAB-NYA YANG PEDIH.

Wallahu a’alam Bishawab.

…. dari Utara Jakarta
01 Desember 2017

(*mc)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!