iklan
Hukum

MEMBUKA TOPENG UU ITE Pasal 27-28


28 November 2016, 21:28
uu-ite-borgol
Dilihat   253

Nusantarakini.com, Jakarta-

UU ITE hari ini sudah kayak UU Subversif masa Orba. Paling kerap digunakan buat nakut-nakutin rakyat dan mencokok orang. Sebenarnya bagaimana sih duduk perkara UU ITE ini bila dikaitkan dengan jaminan konstitusional Hak Untuk Bebas Mengeluarkan Pendapat.

Sekarang mana yang lebih tinggi kedudukannya UUD 1945 yang mengatur prinsip kebebasan berpendapat atau UU ITE. Jelas UUD 1945 dong.

Mari ke persoalan. Jika seseorang mengeluarkan pendapatnya, namun oleh yang dirugikan dipandang menyebarkan kebencian dan permusuhan, maka yang mana yang harus dipilih?

Suatu informasi dipandang mengandung kebencian dan permusuhan, itu sifatnya relatif dan subjektif. Bagi yang dirugikan, dia bisa cap begitu. Tetapi bagi yang mengeluarkan pendapat dan pendapatnya dia ungkapkan di media apapun elektronik atau bukan, hal itu bukan kebencian atau permusuhan. Tapi semata-mata pilihan sikap yang jujur dan bebas. Lagi pula, pihak yang menggunakan UU ITE untuk mempolisikan orang yg mengeluarkan pendapat itu, musti diuji dulu, setidaknya oleh ahli atau pendapat umum, betul gak itu perkara tujuan permusuhan atau kebebasan berpendapat?

Lagi pula, apakah mengungkapkan pendapat secara jujur dan bebas itu bisa dihajar oleh hukum melalui UU ITE? Misalnya orang sekarang demo menolak Ahok atau menolak Jokowi, kan gak bisa dia bilang itu masuk perkara tujuan permusuhan. Saya kira itu jelas salah.

Kita harus mendahulukan prinsip kebebasan mengeluarkan pendapat daripada urusan yg merugikan subjektivitas pihak lain. Lagi pula pihak lain itu bukankah dapat terlebih dahulu mengajukan keberatannya seperti halnya dalam UU Pers, bukan langsung dikit-dikit polisi.

Maka mereka yg dikenakan UU ITE selama ini tidak boleh lagi terulang dikemudian hari pada orang lain. UU ini agaknya telah dieksploitir sedemikian rupa untuk membungkam kebebasan mengeluarkan pendapat dan pikiran. Orang sudah terteror sendiri gara-gara UU ini. Akibatnya suasana merdeka dan persilangan pendapat dan kritik yang berbuah kemajuan tidak lagi muncul dan kondusif gara-gara UU ini.

Di bawah ini merupakan teks dari pasal yang kerap digunakan itu.

Pasal 27

(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Pasal 28

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Sanksi terhadap pelanggaran kedua pasal tersebut ialah:

Hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sekarang perhatikan teks UU di atas. Mengeluarkan pendapat itu jelas SENGAJA dan HAK SETIAP ORANG INDONESIA YANG DIJAMIN UUD 1945.

Bahwa kemudian timbul penilaian negatif yg dia cap sebagai perkara menimbulkan kebencian, permusuhan atau pencemaran nama baik, bagi yang dirugikan, tunggu dulu. Itu harus diuji dulu. Jangan sepihak begitu. Masak orang nggak boleh keluarkan pendapat.

Kalau Anda rugi, komplein dulu dong. Ruginya mana, urusannya apa? Jangan main polisi-polisian. Itu kalau mau fair. Apalagi soal nama baik. Ini perkara subjektif sekali.

Misalnya, saya bilang Belanda itu penjajah terhadap Indonesia? Jelas bagi Belanda merusak nama baik dia, menimbulkan permusuhan dan kebencian, kan?

Tapi…apakah hak saya untuk berpendapat demikian dilarang? Jelas nggak bisa!!! Orang jelas kok Belanda itu penjajah bagi Indonesia.

Jadi gimana nih urusan sama UU ITE. Yah menerut pendapatku yang hak untuk itu dijamin konstitusi: UU ITE ini mending dihapuskan saja. Bikin sengsara banyak orang saja. Mosok UU bikin sengsara? (sed)

Facebook Comments
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Close
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu