Nasional

Inilah Kuliner Dahsyat dari Mandailing


22 October 2016, 16:39
Dilihat   1.0K

Nusantarakini.com, Jakarta – Kopi mandeling sudah dikenal luas oleh pecinta kuliner. Terkhusus para kopimania. Namun adakah yang kenal menu-menu penting suku bangsa Mandailing?

Jika Minang sukses memasyarakatkan kuliner khasnya yaitu rendang, tapi tidak demikian halnya Mandailing. Kuliner dari suku bangsa tersebut hanya populer di sekitar Sumatera Utara saja.

Di Jakarta, kuliner Mandailing hanya beredar di sesama orang-orang perantauan Mandailing.

Dua sajian yang paling terkenal, yaitu Holat dan Daun Singkong Tumbuk. Di tempat asalnya, daun singkong tumbuk memiliki beberapa nama, antara lain, silalat untuk daerah Padang Lawas, bulung gadung untuk Panyabungan dan Madina, dan gule lomak bulung bunggala untuk daerah Labusel.

Holat memiliki rasa asam yang kelat. Karena dimasak dengan bumbu buah malaka. Masakan ini semacam soto betawi, tetapi tentu saja berbeda. Sebab bahan utamanya adalah ikan.

Adapun gulai singkong tumbuk, digulai dengan santan. Daun singkongnya ditumbuk dengan lesung supaya sedikit halus. Menggunakan air santan, bawang merah, cabai dan sedikit lengkuas.

Bagi yang terbiasa dengan sajian lauk ini, tentu mendengar namanya saja menerbitkan rasa rindu untuk mencicipinya.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu