Nasional

WhatsApp stop dukungan untuk Blackberry; Bukan kiamat !!


10 October 2016, 4:14
Dilihat   2.4K

WhatsApp stop dukungan untuk Blackberry; Bukan kiamat !!

Bagi pecinta Blackberry (BB) tulen, dalam arti pecinta ponsel Blackberry yang menggunakan B OSX (seri Z, Q) sangat terpukul mendengar kabar bahwa WhatsApp (dan juga Facebook) akan menghentikan dukungannya pada BB OS per akhir tahun 2016. Padahal tahu sendiri perangkat tersebut dibeli dengan harga mahal, bayangkan semisal BB passport (Q30) yang baru berusia kurang dari dua tahun dan kita beli lebih dari 10 juta rupiah harus masuk laci di awal tahun depan.

WhatsApp memang masih merupakan aplikasi chat multi-platform paling popular sampai sekarang. Multi-platform berarti ia bisa dijalankan di macam-macam OS baik Android , windowsOS, IOS dan BB OS. Dalam jajaran OS-OS tersebut BB OS memang secara statistik terbukti termasuk dalam golongan kaum minoritas. Hilangnya WhatsApp (dan facebook) dari BBOS berarti pengguna blackberry tulen akan terkucil dari pergaulan sosial-media. Seolah mereka dipaksa untuk pindah ke lain hati (baca; lain OS atau bisa dibaca juga: ganti ponsel). Menyedihkan memang.

Para pecinta blackberry tulen tidak perlu berkecil hati dan terus menerus sesenggukan, karena pertama selain BB OS, Whatsapp juga menghentikan supportnya untuk Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1, android 2.2 dan Windows mobile 7.1. Jadi paling tidak banyak kawan senasib sepenanggungan. Kedua, para pecinta blackberry tidak tinggal diam. Salah satu nya adalah aktifis crackberry berinisial Cobalt232. Beliau membuat patch yang memungkinkan hampir semua program android dapat berjalan dengan baik di BB OSX. Hampir semua? Ya … jangankan Cuma WhatsApp ataupun Facebook, bahkan Google Playstore sebagai gudang unduhan semua program android bisa berjalan di BBOSX. Sebut saja beberapa program popular di android selain WhatsApp dan Facebook, masuk dalam list grab car, Clash of Clan, Pokemon GO, Google Youtube, Google Map, Google Account, terbukti berjalan baik di BB OS yang berbasiskan kernel QNIX ini. Jadi selamat, anda tidak perlu menjual ponsel Blackberry mahal anda dengan harga jomplang karena gak bisa WhatsApp dan Facebook.

Pertanyaannya adalah sampai kapan program WhatsApp bisa berjalan dengan baik di BBOSX? Perlu di ketahui bahwa baik BBOSX (kernel QNIX) dan Android (kernel Linux) sebenarnya masih bersaudara dikarenakan keduanya pada prinsipnya merupakan pengembangan dari satu bahasa pemrograman yaitu UNIX. Sehingga dengan sedikit modifikasi program-program di kedua OS tersebut akan saling kompatibel. Kemudian patch dari Cobalt232 berbasiskan android JellyBean (4.3), pertanyaannya bisa jadi menjadi sampai kapan WhatsApp mendukung android jellybean 4.3? Banyak yang memprediksi sekitar 4-5 tahun lagi. Jadi pengguna BB OSX masih bisa ber WA –an dan ber FB-an dengan ponsel kesayangannya sampai 4-5 tahun kedepan. Waktu yang cukup untuk ngumpulin duit buat ganti ponsel baru.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu