Gaya Hidup

Wisata Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul Dulu Sarang Jin. Baca Kisahnya!


21 September 2016, 7:15
Dilihat   539

NusantaraKini.com, Yogyakarta, Air terjun Sri Gethuk adalah sebuah tempat wisata baru di Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini terletak 50 Km dari kota Yogya dan tiap hari libur panjang ribuan pengunjung memenuhi tempat wisata ini. Walaupun baru dibuka kurang lebih 5 tahun terakhir ini. tetapi sudah menjadi idola baru sebagai destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Air terjun ini terletak di Dusun Menggoran Desa Bleberan, tepatnya di aliran Sungai Oya, untuk mencapai air terjun ini pengunjung harus naik perahu penyeberangan buatan para petugas wisata melewati palung palung sungai sepanjang 300 meteran. Sehingga untuk mencapai lokasi air terjun dulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak dibawah Gua Rancang Kencono

Sebelum menjadi tempat wisata yang menarik sebetulnya tempat ini dulu bernama Slempret, dan bagi masyarakat desa di sekitar wilayah tersebut adalah tempat yang angker. Dulu hanya sedikit orang yang berani bermain main di lokasi tersebut. Selain lokasinya yang jauh dan melewati pematang sawah dulu di tahun 80 an banyak kejadian anak tenggelam di sungai slempret tersebut. Banyak orang tua yang selalu melarang anak anaknya apabila main ke Goa Rancang jangan sesekali pergi ke slempret.  Seperti apa cerita tentang mistisnya, berikut cerita orang orang tua jaman dulu tentang Sri Gethuk.

Dikisahkan dari cerita yang berkembang di sekitaran wilayah Sri Gethuk, daerah itu  merupakan pusatnya makhluk halus berkumpul yang dipimpin oleh Jin yang bernama Anggo Menduro.

Dikisahkan juga bahwa tanpa diduga ketua jin ini  sangat menyukai segala macam kesenian, dari  druamband sampai gamelan. Di saat tertentu dari arah Air Terjun juga sering terdengar sura gamelan atau suara kerawitan atau pandulon yang menyuarakan gamelan, bagi masyarakat pedukuhan  Menggoran suara tersebut sangat jelas.

Tapi anehnya, kalau didekati suara itu akan hilang, pada saat suara tersebut adalah suara druamband suara yang sangat dominan terdengar adalah suara slompret,  maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret.  Air terjun Sri Gethuk juga dikenal dengan nama Air Terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi Blok Slempret.

Cerita yang berkembang dari legenda gamelan ini, anehnya  juga dapat dipinjam oleh manusia yang mempunyai kemampuan lebih dan dapat di manfaatkan untuk tabuhan selayaknya gamelan biasa yang dapat dilihat kasat mata.

Masih dalam cerita yang sama, di lokasi Slempret ini raja jin Anggo Mendoro menyimpan alat musiknya di beberapa tempat di antaranya di lokasi Mergangsan dan juga Srikethuk. Mergangsan ini berada di sebelah bawah lokasi Sungai Oya, tempat tersebut disebut Mergangsan karena dipergunakan sebagai tempat menyimpangongso atau gamelan.

Sementara Sri Kethuk yang berada di lokasi air terjun,  di sebut Sri kethuk ini karena dipergunakan oleh Jin Anggo Menduro sebagai tempat penyimpanan salah satu instrumen gamelan dengan nama Kethuk. Hingga akhirnya menjelmalah nama air terjun itu menjadi Sri Gethuk. (Tj)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu