Makanan dan Minuman Tertentu Masih Bisa Dikonsumsi Walaupun Sudah Kadaluwarsa

NusantaraKini.com. Jakarta – Ada perbedaan label kadaluwarsa dalam makanan dan minuman, memahami perbedaan label kedaluwarsa sangat penting untuk mengetahui berapa lama waktu yang aman menyimpan makanan.

Ada tiga jenis label yang dipasang produsen makanan untuk membedakan apakah makanan yang mereka produksi masih dapat dikonsumsi, laber tersebu adalah baked byuse by, dan best before.

Label baked by digunakan untuk menunjukkan kapan produk tersebut diproduksi, label ini  memberi petunjuk bagi calon konsumen guna memutuskan membeli atau tidak suatu produk.

Sedangkan untuk label use by, merujuk pada produk yang harus dikonsumsi sebelum memasuki tanggal kedaluwarsa. Lain lagi dengan label best before, label ini merupakan petunjuk bagi konsumen jika produk tersebut masih dapat dikonsumsi meski tanggal terbaik untuk dikonsumsi telah lewat, hanya saja kualitas produk tersebut tak sama seperti masa terbaiknya.

Beberapa jenis makanan yang biasanya menggunakan label best before adalah biji atau serbuk kopi, selai, coklat, saus tomat, gula, susu cair, soft drink, pasta kering, beras, teh celup, sayuran beku, madu, jus, buah, kacang-kacangan kaleng, permen, mustard, minyak zaitun, kecap.(Z)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *