Nasional

“Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli” Dideklarasikan Para Tokoh, “Rajawali Ngepret” Banjir Dukungan!


5 August 2016, 13:07
Dilihat   3.0K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Mantan Menko Kemaritiman Dr Rizal Ramli disokong kembali oleh sejumlah tokoh untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Mereka juga sekaligus mendeklarasikan “Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli” di Gedung Joang Jakarta Pusat, Kamis (4/8).

Deklarasi yang dibacakan oleh dua pemuda, setelah mengadakan diskusi publik mengenai dukungan kepada Rizal Ramli (RR) yang menghadirkan narasumber Direktur Eksekutif Archipelago Solidarity Foundation, Engelina Pattiasina, pengamat politik Ray Rangkuti dan tokoh Maluku Amir Hamzah.

“Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli” mengeluarkan lima pernyataan sikap yang mereka usung, yaitu sebagai berikut:

  1. Masyarakat dari berbagai elemen, lintas suku, agama, ras dan golongan yang senantiasa mengedepankan kebhinekaan memanggil Rizal Ramli untuk menjadi pemimpin di DKI Jakarta.
    “Karena Rizal Ramli mampu membuktikan dan teruji keberpihakannya terhadap kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Untuk itu, kami akan memanggil, mendorong dan menyosialisasikan Rizal Ramli untuk memimpin Jakarta.”
  2. DKI Jakarta merupakan milik semua orang tanpa memandang kekayaan, kemiskinan dan sebagainya. Jakarta membutuhkan pemimpin yang berani dan tegas tetapi mengayomi semua masyarakat. Jakarta harus tertib, bersih, indah dan tertata, tetapi semua itu harus dilakukan dengan cara bermartabat dan manusiawi.
  3. Mereka mengimbau kepada partai politik sebagai wadah dan saluran rekrutmen pemimpin untuk mempertimbangkan rekam jejak, komitmen, kemampuan dan keberpihakan Rizal Ramli dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017.
    “Sebab, pengalaman Rizal Ramli sangat teruji baik di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan. Apalagi Jakarta sebagai ibu kota negara dan barometer Indonesia dan sebagai salah satu kota besar di dunia, maka Jakarta membutuhkan sosok yang berpengalaman secara internasional,” kata para tokoh dalam deklarasinya.
  4. Rizal Ramli baru saja mengakhiri masa tugas di pemerintahan karena ketegasan dan mengimplementasikan keberpihakannya terhadap kepentingan rakyat. “Blok Masela menjadi konfirmasi hal ini. Begitu juga, ketegasan menghentikan reklamasi untuk membuat pulau,” kata mereka.
  5. Bagi mereka para tokoh itu, siapapun calon yang bertarung dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta memiliki niat baik untuk membangun Jakarta, bukan saja secara fisik, tetapi membangun manusia Jakarta. Untuk itu, pemilihan gubernur Jakarta harus menjadi ajang kompetisi dari figur yang baik untuk mencari figur terbaik

Sebelum pembacaan deklarasi, tiga pembicara diskusi publik, yaitu Engelina Pattiasina, Ray Rangkuti dan Amir Hamzah sepakat bahwa Rizal Ramli merupakan lawan tangguh dari Ahok. Rizal Ramli menjadi sosok alternatif untuk bertarung “head to head” dengan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Pilgub DKI 2017. Kepemimpinan, keberanian, ketegasan dan juga rekam jejak yang bersih tanpa cela menjadikan Rizal Ramli sangat pantas dicalonkan untuk pilkada DKI.

Menurut Engelina, penggagas “Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli”, mengatakan sosok Rizal Ramli merupakan alternatif untuk memecah kebuntuan seolah tak ada lawan yang bisa mengalahkan Ahok. “Jakarta adalah barometer, bukan hanya nasional, tapi juga internasional. Karena itu kita membutuhkan tokoh yang sudah teruji dan rekam jejaknya pun tak diragukan lagi,” kata Engelina.

Engelina pun membeberkan tentang gagasan “Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli” itu lahir. Menurutnya, keprihatinan atas situasi politik ibu kota dan negara, berujung pada lahirnya gerakan ini. “Saya sudah tahu skenario Ahok menjadi gubernur sejak 2009,” ujarnya.

Mengamini pernyataan Engelina, Ray Rangkuti berpendapat bahwa ketokohan Rizal Ramli yang dikenal sangat berani, lugas, tegas dan bersih, menjadi daya tarik tersendiri jika bisa maju dan bertarung di pilkada DKI. “Kita memang butuh kandidat seperti RR, ini akan menjadikan pilkada DKI makin berkualitas,” kata Ray.

Tokoh Maluku, Amir Hamzah juga ikut menegaskan, bahwa Rizal Ramli merupakan figur pemberani yang diharapkan mampu bersaing dengan tokoh lain termasuk Ahok. “Saya senang jika parpol mencalonkan RR,” kata Amir Hamzah sambil menyarankan agar gerakan ini bekerja cepat mendekati Rizal Ramli dan juga parpol agar mengusungnya di Pilgub DKI Jakarta 2017 seperti dilansir Republika.co.

Sementara itu, Jaringan Nasional Indonesia Baru (JNIB), organ masyarakat yang pertama kali memberikan dukungannya kepada Rizal Ramli untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta sangat mengapresiasi deklarasi “Gerakan Jakarta Memanggil Rizal Ramli” ini.

Ketua Umum JNIB, Wignyo Prasetyo menangkap ini sebagai perkembangan yang bagus, karena dukungan untuk Rizal Ramli mulai merambah di kalangan menengah. Seperti dari kalangan NGO/LSM, pengamat politik, intelektual, dan lain-lain.

Menurut Wignyo, kalangan menengah adalah kelompok masyarakat yang mampu mengartikulasikan “kegelisahan” khalayak menjadi sebuah visi. Gerakan “Jakata Memanggil Rizal Ramli” adalah sebuah fakta bahwa ekspresi dan harapan mereka tidak hanya dalam bentuk dukungan, namun lebih dari itu adalah sebuah “gerakan”. “Saya yakin ini akan menginspirasi rakyak banyak,” pungkas Wignyo. (*mc)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu