Warkop-98

Buruh Sokong Rizal Ramli DKI-1, Tambah Lagi Skuad JNIB?


2 August 2016, 19:30
Dilihat   1.7K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Konstelasi politik antara mantan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumer Daya, Rizal Ramli dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok nampaknya akan semakin seru. Kendati perseteruan mereka mereda terkait kasus reklamasi dengan terdepaknya Rizal dari kabinet, namun Pilkada DKI Jakarta 2017 naga-naganya akan membuat persinggungan mereka akan berlanjut.

Seperti halnya Jaringan Nasional Indonesia Baru (JNIB) yang sudah membulatkan tekadnya untuk menyokong Rizal Ramli maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, pagi tadi pukul 11.30 WIB, Selasa (2/8/2016) , Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendeklarasikan dukungan anggotanya untuk mantan Menko Kemaritiman dan Sumber Daya itu menjadi calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2017.

Presiden KSPI, Said Iqbal mengatakan ada beberapa pertimbangan para buruh mendukung Rizal Ramli. Salah satunya, karena dia memperjuangkan penolakan reklamasi Teluk Jakarta. “Kami mau Rizal Ramli memimpin DKI Jakarta, konsitensinya untuk rakyat kecil, menolak reklamasi, itu memang representasi calon pemimpin,” ujar Said seperti dikutip Liputan6.com di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

KSPI mendeklarasikan dukungan ini bermaksud untuk meminta kesediaan Rizal diajukan sebagai cagub DKI. “Sampai saat ini kami belum mendapat konfirmasi apa pun dari beliau. Ini inisiatif dari buruh ingin mendorong dia. Sampai saat ini belum tahu (apakah bersedia atau tidak), yang jelas kami ingin Beliau jadi cagub DKI,” tambah Said.

Menurut Said, ide untuk mengusung Rizal Ramli sebagai cagub DKI Jakarta ini setelah mantan Menko Maritim ini dicopot Presiden Jokowi. “Ide ini muncul setelah reshuffle (kabinet),” ujar dia.

Setelah KSPI mengumumkan dukungannya kepada Rizal, rencananya mereka akan melakukan komunikasi dengan partai politik. “Kami akan melobi partai agar jangan menyia-nyiakan orang baik,” tutup Said.

Dalam deklarasi tersebut, KSPI juga memaparkan rencana lanjutan aksi buruh di Balai Kota Jakarta dan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk meminta lembaga antirasuah menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam sejumlah kasus.

Mendapat kawan seperjuangan penyokong Rizal Ramli untuk maju DKI-1, JNIB mengapresiasi dan menyambut baik atas dukungan KSPI . Menurut Wignyo Prasetyo, Ketua Umum JNIB, itu menunjukkan bukti bahwa dukungan untuk Rizal semakin bertambah besar. “Siang tadi warga Kampung Akuarium juga mendatangi kediaman Rizal Rami, untuk memberi support kepadanya,” kata Wignyo.

Mata Wignyo berkaca-kaca saking bahagia dan haru, karena Rizal Ramli juga mendapat dukungan kaum buruh. “Kaum buruh sudah memberikan support, warga miskin kota pun demikian,” ujar Wignyo.

Menurut Wignyo, dia sekarang sedang menunggu kelompok-kelompok nelayan supaya turut juga memberikan dukungan moral dan politik kepada Rizal Ramli. Wignyo juga mengharapkan dukungan dari kelas menengah dan kaum intelektual yang memperhatikan nasib rakyat, supaya segera ikut mendukung Rizal Ramli. “Dukungan sektoral ini penting, agar jika nanti Rizal Ramli ketika menjadi gubernur mendasrkan segala kebijakannya pada kepentingan kepentingan sektoral ini. Saya yakin dukungam akan semakin meluas,” pungkas Wignyo. (*mc)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu