Nasional

Penghargaan Literasi ala Ruang Baca Komunitas


29 June 2016, 14:36
Dilihat   1.1K

nusantarakini.com   Jakarta,  Hari ini, 29 Juni 2016 Wakil Walikota Kota Banjar, H.Drg.Darmadji Prawirasetia, M.Kes  menerima Penghargaan  “Tokoh Peduli Literasi” dari Ruang Baca Komunitas terkait kiprah dan kepeduliannya dalam mendorong budaya literasi di Kota Banjar.

Rendahnya Budaya Baca (Budaya Literasi) yang dimiliki bangsa ini sudah menjadi rahasia umum. Berbagai survey menyebutkan budaya literasi kita masih sangat rendah. Karena itu banyak pihak, terutama pemerintah melalui Departemen terkait seperti Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) menyampaikan keprihatinannya atas situasi ini. namun apakah penyataan keprihatinan berbagai pihak itu akan mengubah situasi? Sikap prihatin atas situasi ini tentu cukup simpatik, tapi tentu tidak cukup. Lalu apa yang harus dilakukan? What has to be done?

Gerakan Literasi Bangsa yang kini dicanangkan pemerintah perlu mendapat dukungan banyak kalangan. Saat ini sudah mulai banyak tumbuh gerakan-gerakan literasi di sejumlah daerah. Situasi dan kondisi seperti ini pula antara lain yang mendorong pendirian Ruang Baca Komunitas (RBK) di Kota Banjar. Menurut pendiri Ruang Baca Komunitas, Sofian Munawar, MA, semangat awalnya adalah menjadikan Ruang Baca Komunitas sebagai tempat alternatif untuk belajar, berbagi, dan bersinergi bersama dengan motto:  Reading, Sharing, Networking. Semua ini tentu tidak lepas dari semangat untuk turut mendorong tumbuh-kembangnya budaya literasi pada level akar-rumput.

Dalam mengisi bulan suci Ramadhan 1437H ini, Ruang Baca Komunitas melakukan serangkaian kegiatan literasi. Jenis kegiatannya selain ragam lomba untuk siswa PAUD/TK, storytelling untuk tingkat SD/MI dan lomba kaligrafi untuk tingkat SMP/MTs. Kegiatan lainnya adalah Workshop Penulisan untuk pelajar dan mahasiswa se-Kota Banjar. Ada juga acara ngabuburit dan buka puasa bersama di Ruang Baca Komunitas  sambil berDisKO alias berdiskusi komunitas dengan tema utama pendidikan anak. Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, selain dari pemerintah melalui Wakil Walikota Banjar dan KPAD (Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah), sejumlah sponsor juga turut mendukung kegiatan ini, seperti Bank BJB, PD. Ganda Mekar Banjar, Toserba Padjajaran, LKS-Al-Uswah, PD Padud Jaya Banjar, dan Harian Kabar Priangan, Tasikmalaya..

Atas terselenggaranya beragam kegiatan yang bertemakan “Mengisi Bulan Suci dengan Kegiatan Literasi” tersebut, Pendiri Ruang Baca Komunitas, Sofian Munawar, MA memberikan “Penghargaan Peduli Literasi”. Ada empat pihak yang mendapatkan penghargaan itu. Pertama, Wakil Walikota Banjar, Drg.H.Darmadji Prawirasetia, M.Kes sebagai “Tokoh Peduli  Literasi”. Kedua, Bank BJB Kota Banjar dan PD.Ganda Mekar sebagai “Perusahaan Peduli Literasi”. Ketiga, SD Negeri 1 Banjar sebagai “Sekolah Peduli Literasi”. Sementara beberapa hari sebelumnya, penghargaan yang sama telah diberikan kepada Harian Kabar Priangan sebagai media yang peduli terhadap gerakan literasi. “Kita harus saling mendorong dan saling menyemangat satu sama lain agar kegiatan literasi mendapat apresiasi yang tinggi. Dengan begitu kita dapat berharap budaya literasi kita akan terus meningkat,” pungkas Sofian yang juga merupakan dosen dan Komisioner KPU Kota Banjar.*

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu