Ekonomi

Pengusaha Dealer Tuntut Ford Ganti Rugi Rp1 Triliun


27 June 2016, 17:09
Dilihat   736

NusantaraKini.com – Enam Grup Usaha resmi penjualan dan servis Ford di Indonesia yang membawahi 31 outlet dealer melayangkan surat somasi dan tuntutan ganti rugi sekitar Rp 1 triliun kepada PT Ford Motor Indonesia (FMI), Ford Motor Company (FMC) Amerika dan Ford International Services (FIS). Tuntutan ini dilayangkan terkait keputusan FMI yang secara sepihak dan sewenang-wenang menutup seluruh operasi Ford di Indonesia mulai paruh kedua tahun 2016.

Harry Ponto, kuasa hukum 31 outlet dealer Ford yang telah mengajukan somasi kedua kepada Ford Motor mengatakan penghentian seluruh operasi Ford dan penutupan dealership di Indonesia tersebut sangat merugikan tidak hanya untuk para dealer yang menjadi kliennya, tetapi juga bagi ribuan karyawan, serta puluhan ribu konsumen Ford di Indonesia. Saat mengumumkan rencana penutupan operasi Ford Januari lalu, tercatat hampir 2.000 karyawan yang bekerja pada sekitar 44 outlet dealer dan lebih dari 105.000 kendaraan terjual kepada konsumen Ford di Indonesia.

“Penghentian operasi dan penutupan dealership Ford di Indonesia ini diumumkan sangat mendadak pada 25 Januari lalu. Tidak ada pembicaraan apapun sebelumnya kepada para dealer selaku mitra lokal. Keputusan FMC yang disampaikan melalui PT FMI merupakan tindakan yang sewenang-wenang dan melawan hukum. Keputusan sepihak ini sangat merugikan 31 dealer ini yang telah bekerja keras dan mengeluarkan investasi yang sangat besar untuk mendukung bisnis Ford di Indonesia,” kata Harry kepada media di Jakarta, Senin (27/6).

Tiga puluh satu outlet dealer tersebut mengkontribusikan 85% dari total penjualan penjualan Ford di Indonesia di tahun 2015 dan mewakili sebagian besar dealer Ford yang totalnya sekitar 44 outlet di Indonesia.

Ford masuk ke Indonesia dengan diwakili oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC) mulai tahun 1989. Kemudian pada tahun 2000, PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi beroperasi sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Ford di Indonesia.

Pada Juni 2012, Ford Motor Company mengumumkan investasi terbarunya US$450 juta di Thailand untuk pembangunan manufaktur kendaraan berpenumpang yang dijadwalkan selesai pada 2012. Melalui fasilitas ini FMC berencana membangun generasi terbaru Ford yang akan difokuskan untuk pasar di Thailand dan kawasan Asia Pasifik. (Irvan)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu