Nasional

Tips Konsultan Politik Menangkan Pilkada 2017


3 June 2016, 8:49
Dilihat   1.6K

Nusantarakini.com, Jakarta. Dalam pilkada peran konsultan politik sangat penting. Pada pilkada 2015 kemarin, hampir semua kadidat pilkada didampingi oleh konsultan politik. Didampingi konsultan politik, kandidat menggunakan teknik dan strategi modern untuk memenangkan pilkada.

Kita ingin tahu bagaimana sebenarnya tips atau teknik dan strategi yang digunakan konsultan politik dalam memenangkan pilkada. Berikut wawancara reporter Nusantarakini.com dengan Dendy Susianto, direktur Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI).

Menurut Dendy susianto, konsultan politik yang sudah berpengalaman sejak 2005 ini, kandidat pilkada 2017 yg masih menggunakan cara-cara konvensional kemungkinan besar akan kalah. Apalagi yang masih percaya dukun dan pendekatan mistik lainnya. Dendy mengungkan bahwa ia selalu menggunakan metode ilmiah yang terukur.

Dendy menjelaskan ada tujuh strategi yg biasa ia terapkan konsultan politik dalam memenangkan kliennya dalam pilkada.

Pertama, melakukan survei pemetaan politik secara berkala. Survei dilakukan setiap dua atau tiga bulan sekali. Menurut Dendy, yang membantu memenangkan pasangan Herwin Yatim-Mustar Labolo di pilkada 2015 kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah ini, survei ini sangat penting untuk menyusun langkah dan teknik kampanye yang akan digunakan. Tanpa data surve, strategi kampanye akan ngawur.

Strategi kedua yaitu pembentukan jaringan di semua daerah pemilihan. Konsultan politik membantu kandidat menyiapkan berbagai instrumen dan teknik rekrutmen jaringan hingga level bawah. Menurut Dendy, strategi ini yang paling membutuhkan waktu dan tenaga.

Strategi ketiga yaitu pembentukan jaringan dengan segmen sosial, misalnya kelompok keagamaan, kelompok profesi, kelompok hobby dan lain sebagainya. Kelompok ini penting dirangkul karena mereka biasanya menjadi opinion maker.

Keempat yaitu mempengaruhi media komunikasi. Tujuannya agar berita-berita di media komunikasi berada positif terhadap kandidat. Semakin banyak media komunikasi yang bisa dipengaruhi akan semakin baik. Tidak hanya media massa cetak dan elektronik, media komunikasi sosial (facebook, twitter dan lainnya) dan media komunikasi alternatif lainnya juga digunakan.

Strategi kelima, menurut Dendy, adalah menerapkan pedekatan psikologis dalam setiap melakukan sosialisasi. Banyak teknik sosialsasi yang biasa mereka terapkan, misalnya yang lagi ngetrend yaitu metode blusukan.

Keenam adalah merancang budget secara komprehensif dengan skala prioritas. Konsultan politik membantu kandidat menyusun rencana budget secara detail sehingga kandidat bisa mengetahui untuk apa saja dan berapa besar dana yg dbutuhkan hingga hari H.

Terakhir, konsultan politik membantu kandidat menyusun tim sukses yg bisa bekerja secara efektif dan efisien. Menurut konsultan yg pernah hadir di acara Mata Najwa MetroTV ini, langkah terakhir ini penting karena jangan sampai semua rencana strategi yg sudah disusun tidak bisa dijalankan hanya karena tim work yang tidak solid.

LKPI adalah lembaga konsultan politik profesional. Lembaga konsultan politik yang memiliki motto “menang bayar, kalah gratis” ini siap bekerja sama dengan kandidat dari semua partai politik. Kandidat yang memerlukan informasi lebih lanjut tentang survei dan pendampingan pemenangan pilkada bisa klik website LKPI di www.lkpi.org.

KPU merencanakan Pilkada serentak 2017 pada tanggal 15 Februari. Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada 2017 terdiri atas 7 pilkada gubernur, 76 pilkada kabupaten, dan 18 pilwalko. Ketujuh provinsi yang akan melaksanakan pilgub yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

(*Mayang Kemuning)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu