Nasional

Android Anda Lemot karena Banyak Foto dari Whatsapp? Ini Solusinya


6 May 2016, 14:07

Apakah HP android anda penuh foto meme, foto lucu yang masuk lewat grup whatsapp anda? Seneng sih lihat gambar-gambar lucu. Tapi bisa sedih kalau karena itu HP anda lemot, terus waktu anda mencari foto penting, susah karena ada banyak sekali foto-foto lucu. Hapus satu demi satu memang bisa. Tapi waktu anda terlalu berharga kalau dipakai untuk menghapus meme dan foto lucu. Nih ada solusinya. Pertama menghapus gambar dan video secara massal. Kedua, pencegahan otomatis atas terdownloadnya gambar dan video ketika HP terhubung dengan internet lewat jaringan telepon 3g/4g maupun lewat wifi.

Dilihat   9.0K

Apakah HP android anda penuh foto meme, foto lucu yang masuk lewat grup whatsapp anda? Seneng sih lihat gambar-gambar lucu. Tapi bisa sedih kalau karena itu HP anda lemot, terus waktu anda mencari foto penting, susah karena ada banyak sekali foto-foto lucu.  Hapus satu demi satu memang bisa. Tapi waktu anda terlalu berharga kalau dipakai untuk menghapus meme dan foto lucu. Nih ada solusinya. Pertama menghapus gambar dan video secara massal. Kedua, pencegahan otomatis atas terdownloadnya gambar dan video ketika HP terhubung dengan internet lewat jaringan telepon 3g/4g maupun lewat wifi.

 Menghapus Gambar dan Video Whatsapp secara Massal

Menghapus gambar dan video secara massal lebih hemat energi daripada hapus gambar dan video satu demi satu.  Kalau puluhan sih tidak seberapa. Kalau ribuan foto dan video? Kan capek! Tapi selain menghapus,  lebih aman kalau kita backup foto dan videonya di laptop/ komputer/ cloud. Backupnya bisa dengan mencolokkan hp dengan kabel data ke komputer desktop / laptop, terus cari folder whatsapp > photos media  dan whatsapp > videos media. Lantas  select all — cut— lalu paste ke komputer atau laptop anda.  Cara lain adalah menyimpan adalah dengan masuk ke whatsapp > klik pojok kanan atas > setting > chat > chat backup > backup . Lantas tunggu percakapan dan media tersimpan pada google drive anda. Kalau anda ingin mengirim backup percakapan dan media ke alamat email anda, anda bisa masuk ke whatsapp > klik pojok kanan atas > setting > chat > chat history> email chat .

Habis itu anda bisa hapus melalui Gallery atau File Manager, cari folder whatsapp image dan whataapp video. Hapus aja satu folder itu.

Itulah langkah-langkah menghapus gambar-gambar yang tidak perlu dari whatsapp. Bagaimana pencegahannya? Bagaimana mencegah agar gambar dari whatsapp tidak masuk secara  otomatis. Bisa masuk setelah anda menyetujuinya.

Mencegah Masuknya Gambar / Video Whatsapp secara Otomatis

Agar di masa mendatang kita tidak lagi kebanjiran gambar dan video dari whatsapp, kita perlu melakukan sedikit penyetelan pada whatsapp.  Secara default, atau setelan pabrik, gambar dari percakapan whatsapp itu otomatis terdownload dalam memori hape android kita, ketika kita punya sambungan internet dari operator telpon gsm atau cdma. Sementara video otomatis terdownload, ketika kita punya koneksi internet lewat WIFI. Begitulah setelan pabrik. Dengan demikian setelan pabrik itu, jika kita menjadi anggota whatsapp grup yang aktif berbagi gambar dan video, akan membuat hape kita cepat dipenuhi oleh gambar dan video. Kita perlu merubah setelan pabrik menjadi setelan seperti yang kita inginkan, saat kita terkoneksi internet gsm/cdma maupun wifi, gambar dan video tidak otomatis terdownload, melainkan minta persetujuan kita untuk mendownload.  Begini caranya.

  1. Buka aplikasi whatsapp, terus klik tombol kanan atas. lihat lingkaran merah dibawah ini. Klik ya. Pastikan juga, anda tidak sedang berada di chatting personal atau grup, melainkan di menu utama yang berisi daftar grup dan kontak kita. Kalau kita berada di grup atau kontak, klik panah yang berada di kiri atas.

Screenshot_2016-05-04-06-24-02_com.whatsapp

 

2. Selanjutnya, setelah tombol kanan atas tadi diklik, pilih setting. Lihat lingkaran merah di bawah ini.

Screenshot_2016-05-04-06-24-20_com.whatsapp

3. Setelah setting diklik, klik data usage. Lihat lingkaran merah di bawah ini.
Screenshot_2016-05-04-06-24-30_com.whatsapp
4. Setelah itu, pada data usage, klik while using mobile data, terus hapus centang image, video, audio, sehingga tidak ada yang tercentang pada semua listnya. Setelah itu klik when connected on wifi, hapus juga semua centangnya. Setelah itu klik when roaming, hapus juga seluruh centangnya.
Screenshot_2016-05-04-06-24-53_com.whatsapp Screenshot_2016-05-04-06-25-05_com.whatsapp

 

Selesai. Kini pada whatsapp anda, tidak otomatis mendownload gambar dan video. Ketika ada gambar dan video tampil dalam percakapan, maka muncul gambar blur dan kalau kita berminat untuk mendownload gambar tersebut, tinggal klik saja tengah-tengah gambar tersebut. Semoga HP anda akan bersih dari gambar-gambar yang hanya perlu kita lihat sesaat saja. Dan kita akan lebih mudah mencari gambar-gambar yang penting. Semoga bermanfaat. (Aan)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!